Kenali Penyebab Mata Belekan


Mata Belekan adalah sakah satu penyakit yang mengganggu adalah belek atau adanya kotoran di ujung mata. Mata belekan atau berair adalah salah satu tanda yang nampak ketika mengalami gangguan atau penyakit ini. Ini adalah suatu indikator bahwa ada kotoran di mata. Pada bayi.

Penyebab Belekan

Penyebab sakit mata belekan sangatlah bermacam-macam. Secara umum dan dilihat dari angka kejadiannya, mata belekan banyak disebabkan oleh infeksi kuman yang dapat berupa virus atau bakteri. Infeksi ini biasanya terjadi di lapisan luar mata yang disebut konjungtiva dan kelopak mata yang penyakitnya biasa disebut bintitan. Selain infeksi, alergi dan mata kering juga dapat menjadi penyebabmata belekan.

>> Belek berwarna abu atau hijau yang kental biasa disebabkan oleh infeksi bakteri pada lapisan konjungtiva mata. Dan bisa diikuti oleh gejala perasaan gatal dan mata merah.
>> Belek yang kecil dan kering biasanya disebabkan oleh reaksi alergi pada mata. Alergi biasa disebabkan oleh allergen atau zat yang menimbulkan alergi seperti partikel debu atau make up. Gejala utama alergi biasanya adalah mata terasa sangat gatal.
>> Belek yang kering dan tebal biasa disebabkan oleh infeksi virus pada konjungtiva. Infeksi virus biasanya tidak membutuhkan antibiotik dan Anda dapat mengatasi gejala ini dengan obat sakit mata belekan di atas.
>> Belek yang berwarna kuning dan diikuti oleh bengkak pada kelopak mata biasa disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di kelopak mata. Menjaga kebersihan adalah kunci keberhasilan obat sakit mata belekan yang satu ini.

Cara mengatasi dan pengobatan mata belekan

 Obat sakit mata belekan sebenarnya tergantung dari penyebab sakit mata belekan. Terdapat macam-macam penyebab sakit mata belekan yang akan dibahas di artikel ini pula. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi penyakit mengganggu ini :

>> Kompres Mata
 Kompres mata merupakan obat sakit mata belekan yang paling mudah yang dapat dilakukan. Untuk melakukan kompres pada mata, pakailah air hangat yang bersih serta kain yang bersih pula. Cara ini ampuh untuk mengurangi bengkak dan mengencerkan belek yang beku yang berasal dari kelopak mata yang bengkak.

>> Hindari hal yang menimbulkan reaksi alergi pada mata.
 Menyentuh dan menggaruk mata yang sedang belekan sangatlah tidak disarankan karena adanya infeksi pada mata anda bila anda mneyentuh mata anda, maka sangatlah mungkin sekali kuman dari satu mata akan berpindah ke mata lainnya.

>> Jangan terlalu sering memakai obat tetes mata
 Memakai obat tetes mata dapat menyembuhkan mata belekan atau mata merah. beberapa obat tertentu tidak boleh terlalu sering tanpa tujuan yang jelas. Pemakaian obat tetes mata yang boleh di pakai terus menerus hanyalah yang mengandung air mata buatan saja. Hal tersebut dapat menyebabkan mata radang dalam jangka panjang dan bahkan sampai menimbulkan kebutaan bila di pakai dalam jangka waktu yang lama tanpa tujuan yang jelas.

>> Berobat ke dokter.
 penyebab sakit mata belekan banyak karena infeksi kuman terutama bakteri. Untuk mengatasinya, dibutuhkan pemberian tetes mata yang mengandung antibiotik. Anda perlu memeriksakan diri Anda ke dokter agar dokter dapat mendiagnosis apakah masalah pada mata Anda benar disebabkan oleh infeksi atau bukan. Jangan mencoba membeli obat tetes mata dengan antibiotik sendiri.

Artikel Terkait Kenali Penyebab Mata Belekan :

Powered by Blogger.